[KarirMahasiswa] Oya ini adalah lanjutan dari
artikel yang saya bahas kemarin mengenai “Jadi Seorang "Marketing" kenapa tidak??
jadi kalau belum baca yang kemaren klik aja link itu.
Pada kesempatan ini saya akan lebih memberikan gambaran bagaimana saja jenis pekerjaan
Marketing itu serta keuntungan/kelebihan
apa saja yang bisa di dapat ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang Marketing.
Seperti yang saya sampaikan
kemaren bahwa Saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi saya
sendiri ketika bekerja sebagai Medical
Sales Representative selama kurang lebih 4 tahun di Perusahan Farmasi. Jadi
apabila ada beberapa hal yang saya sampaikan itu bersifat subjektif mohon
dimaklumi.
Sebenarnya, jenis Sales/Marketing itu banyak macamnya mulai dari level paling bawah sampai
dengan level yang paling atas, Mulai dari sales jamu, kompor, alat pijat atau
bahkan sales jual abab (karena memang ngomong doank) sampai dengan para
sales-sales di level selanjutnya seperti sales/marketing produk jasa (Asuransi/Perbankkan)
Sales Pesawat Terbang, Sales Kereta Api, Sales Proyek Jalan Raya, Jembatan, Jalan
Tol dan lain sebagainya itu semua juga sales namanya cuman tentu level
barang/produk yang di jual/di tawarkan berbeda dan tentu saja gaji serta bonus yang
di terima juga sangat jauuh berbeda.
Kalian ingat dengan proyek
pemerintah mengenai kereta cepat yang akan di bangun di Indonesia beberapa
bulan yang lalu??, Yang nilai kontraknya Ribuan Trilyun itu, Sementara yang terealisasi adalah rute untuk Jakarta-Bandung,
sempat tarik ulur antara kontraktor dari Jepang atau Cina yang akan menggarap
proyek itu, akan tetapi setelah melakukan negosiasi yang cukup lama akhirnya proyek itupun di menangkan oleh Cina. Kalau kita
mau berfikir lebih dalam kerjaan siapa sih ini kok awalnya yang survey duluan Jepang
malah yang menang China, tentunya siapa lagi kalau bukan ulah salesnya cina
yang lebih pinter nego J,
Iya sayam paham mungkin ini
levelnya kejauhan ya dengan kita kalau bahas proyek pemerintah. Gini aja deh
saya punya contoh lagi. Saya kebetulan punya banyak temen yang bekerja sebagai Sales/Marketing juga, mereka rata-rata
bekerja di perusahan2 seperti Farmasi (Kalbe, Sanbe, Kimia Farma) di Perbankan (BNI,
BTN, BRI, Mandiri, Bank Niaga) di Marketing
Mobil (Toyota Auto 2000, Mitsubishi) juga banyak lagi temen temen dari perusahaan
seperti Unilever, Nestle, Rokok Sampoerna, Gudang-Garam, Djarum dan lain
sebagainya, Rata – rata kalau saya amati ketika ngobrol dengan mereka
kebanyakan dari merekka juga betah-betah aja bekerja sebagai marketing, malahan
ada beberapa yang sudah naik jabatan dan di beri kepercayaan memegang wilayah
dan Team sendiri. Dan kalau saya perhatikan penghasilan mereka tiap bulan juga
lumayan banyak, bahkan rata-rata lebih banyak dari penghasilan temen kerja yang
kebetulan cuman bekerja di dalam kantor seperti Admin, Frontline atau yang
lainya, belum lagi nanti ada bonus2 lain serta insentif yang di berikan oleh
perusahaan ketika target value nya tercapai, tambah banyak aja kan
pendapatanya.
Foto: Marketing Manager BNI Life |
Masih kurang, ni saya tambahi cerita lagi. Kebetulan ada temen
yang baru saja dapet reword jalan- jalan ke luar negeri kalau tidak salah ke Singapura,
Thailand sama Malaysia, Dia bekerja sebagai Marketing
Credit Card di Bank BN*, Mungkin karena
dia banyak prestasi kali makanya dapat fasilitas kaya gitu. Oya waktu itu saya
juga pernah sempet nanya mengenai berapa gaji dan insentif yang di terima Dia setiap
bulanya, awalnya sih gak mau jawab setelah saya pancing2 akhirnya keluar juga, biasanya dia nerima gaji + insentif sekitar 7-8
jutaan per bulanya. Belum lagi penghasilan sampingannya dari asuransi karena dia
agen freelance juga ternyata, Oya yang saya ceritakan ini di Madiun lo ya
dengan UMR cuman 1.3 Juta/Bulan. Gaji di atas tadi kalau menurut saya sih sudah
lebih dari cukup. Mungkin untuk daerah lain terutama di Kota-Kota besar tentu lebih
besar lagi honornya karena mengimbangi UMR setempat yang juga besar.
Foto: Team Sales & Pemasaran BCA Finance |
Jadi apakah kalian masih memandang sebelah mata untuk profesi yang satu ini, Gambaran di atas mungkin adalah contoh kelebihan dari profesi marketing secara materi atau yang bisa di lihat mata, pun demikian masih banyak sebetulnya kemampuan dan kelebihan lain yang bisa kita peroleh apabila kita berprofesi sebagai marketing. Misalnya saja mulai dari relasi yang banyak, teman di mana-mana kemudian juga kemampuan komunikasi, presentasi, negosiasi dan persuasif yang lambat laun menjadi lebih baik karena seringnya di asah setiap hari ketika menghadapi klien/ pelanggan, Belum lagi pembawaan diri yang tenang dan penuh percaya diri yang biasanya di miliki oleh Marketing2 berpengalaman akan menjadi modal yang amat berharga untuk proses perjalanan karir sahabat semua. Tidak ada di dunia ini seseorang yang baru masuk ke dunia kerja langsung jadi atasan atau bos kecuali perusahaan itu milik bapakmu. Kebanyakan mereka yang sekarang menduduki jabatan-jabatan tinggi itu juga berproses dari bawah termasuk menjadi pekerja lapangan yang memang lebih paham seluk beluk roda perusahaan mulai dari bawah (akar rumput). Kemampuan dan pengalaman inilah yang membuat para mantan-mantan marketing biasanya memiliki jenjang karir yang lebih terbuka di banding yang bekerja di dalam kantor saja.
Saya berharap dengan adanya informasi yang lengkap dan benar tentang apa dan bagaimana marketing itu, pelan-pelan dapat merubah persepsi anda yang tadinya antipati serta skeptis menjadi sedikit lebih terbuka untuk mau mengenal atau bahkan mencoba profesi ini.
Atau pengen tau mengenai jenis2 sales serta spesialisasinya.
Bagikan
Nilai Tambah Kalau Anda bersedia Jadi Seorang Sales/Marketing
4/
5
Oleh
Karirmahasiswa